Home ยป 219 PPKS di Kabupaten Pemalang Menerima Bantuan Atensi Triwulan 3 dari Kementerian Sosial RI

219 PPKS di Kabupaten Pemalang Menerima Bantuan Atensi Triwulan 3 dari Kementerian Sosial RI

Pemalang – JawaTengah,- MEDIAPERSS.COM
Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) diberikan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Pemalang oleh Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung di aula Panti Pelayanan Lanjut Usia (PPSLU) Bojongbata Dinas Sosial Kabupaten Pemalang, Jumat (15/12/2023).

Bantuan tersebut menyasar PPKS kluster penyandang disabilitas dan lanjut usia, berupa bantuan kewirausaha dan pemenuhan kebutuhan dasar bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana menjelaskan penyerahan bantuan dilakukan berdasarkan asemen kebutuhan kewirausahaan dan bantuan lain yang diperlukan para penerima manfaat.

“Sebelumnya triwulan satu dan dua Kemensos sudah menyerahkan bantuan, dan yang saat ini adalah bantuan triwulan ketiga sebanyak 219 paket bantuan, 75 paket bantuan dialokasikan untuk lansia, dan 75 paket bantuan diberikan kepada penyandang disabilitas berupa pemenuhan kebutuhan dasar. Setiap paket bantuan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar penerima yang disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan mereka,” ungkap Iyan.

Selain itu, Iyan menambahkan,terdapat juga bantuan aksesibilitas berupa 49 alat bantu berupa kursi roda, alat bantu dengar, kaki palsu, tangan palsu, kursi roda CP, dan lain sebagainya untuk penyandang disabilitas dewasa dan anak-anak, serta bantuan Atensi untuk pengembangan wirausaha bagi 20 penyandang disabilitas berdasarkan kemampuan, keterampilan, dan usaha yang sudah mereka mulai untuk mendorong pertumbuhan dan kemandirian lebih lanjut.

“Jenis bantuan kewirausahaan berupa, jualan sembako, jualan bawang merah, jualan dan pembuatan susu kedelai, menjahit, bengkel, dan jasa pijat.Total nilai bantuan, 313.301.500 rupiah,” kata Iyan.

Penyerahan bantuan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Pemalang, Mansur Hidayat beserta jajarannya ( Ragil)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *