Home ยป ” Pembangunan Taman Wisata Ciwulan (Kaca) Sebuah Kesalahan Atau Kegagalan Perencanaan “

” Pembangunan Taman Wisata Ciwulan (Kaca) Sebuah Kesalahan Atau Kegagalan Perencanaan “

KABUPATEN TASIKMALAYA.(12/12/2023). Seperti diketahui yang dimaksud dengan bangunan gedung adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada di atas dan/atau di dalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukan kegiatannya, baik untuk hunian atau tempat tinggal, kegiatan keagamaan, kegiatan usaha, kegiatan sosial, budaya, maupun kegiatan khusus.

Bangunan gedung negara adalah bangunan gedung untuk keperluan dinas yang menjadi barang milik negara/daerah dan diadakan dengan sumber pembiayaan yang berasal dari dana APBN, dan/atau APBD, atau perolehan lainnya yang sah.

Pembangunan Gedung Kaca Taman Ciwulan, yang awalnya diperuntukkan untuk pusat kegiatan olahraga Persatuan Arum Jeram Indonesia (PAJI) kabupaten Tasikmalaya terletak dipinggir sungai Ciwulan, oleh pengurus PAJI ditolak, oleh karena tidak sesuai dengan kepentingan olahraga ini. Sepanjang sungai yang akan dilalui, selain terlalu banyak bebatuan serta debit air tak memenuhi kriteria.

Namun pada akhirnya gedung ini oleh Disparbud beralih fungsi menjadi gedung kaca Taman Wisats Ciwulan. Apakah ini merupakan kesalahan atau kegagalan perencanaan. Bilamana kesalahan lebih berorentasi kepada pemilik bangunan, dalam hal ini SKPD yang dimaksud Disparbud, dengan mengalikan , melakukan penggantian atau merubah fungsi awal yang telah direncanakan.

Pembangunan Taman Wisata Ciwulan (Kaca) yang awalnya untuk pusat kegiatan olahraga PAJI, justru dialih fungsikan menjadi kegiatan yang tak jelas. Perubahan – perubahan fungsi yang menyimpang dari fungsi rencana awal, itulah yang dapat berpotensi terhadap terjadinya kegagalan bangunan baik bersifat fisik maupun nonfisik.

Menurut Amy Fahmi dari F-KB, saat dulu menjabat sebagai Ketua komisi IV DPRD dan sekarang wakil ketua DPRD kabupaten Tasikmalaya, mengatakan dengan lantang urgensinya untuk apa pembangunan Taman Wisata Ciwulan (KACA) berdiri di komplek perkantoran sekretariat daerah.

Sungguh saya sangat tak mengerti dan tak habis fikir, manfaatnya dan kegunaannya untuk masyarakat, seperti apa? , sudah jelas-jelas dilingkungan perkantoran tidak diperuntukan untuk tempat wisata, ini SKPD dalam hal ini Disparbud sepertinya memaksakan kehendak, padahal menurutnya dan mohon digaris bawahi, kalau anda (penulis) mau tahu, di RPJMD Tahun 2017 tidak tercatat pembangunan untuk itu, ujarnya.

Pada saat itu, Kabid Keparawisataan dan Ekonomi Kreatif, Erna Rumiya dan kini Kabag TU Sekretariat Daerah, ketika dikonfirmasi banyak hal yang diucapkan, seperti mengada-ngada alasan sakit perutlah, mohon tunggu sebentar, seraya berkata saya punya tensi sedang ngedrop darah rendah, tadinya hari ini tak akan masuk kerja, berkilah ngawur ketika itu.

Namun akhirnya mau memberikan informasi dengan volume vocal suara paling terendah, Erna Rumiya, mengatakan bahwa pembangunan gedung kaca, sekitar 2,111 M, dan secara teknis administrasi kan ada yang harus dipenuhi, seperti biaya umum, dan sebagainya, ujar Erna Rumiya.

Nara sumber ahli bangunan yang enggan disebut namanya inisial A, menilai pembangunan gedung kaca seperti itu, sambil geleng-geleng kepala, barangkali bila diestimasi dibawah 1 M, atau lebih kurang sekitar 800 juta dan pembangunan gedung berlokasi dikomplek perkantoran Bojongkoneng Singaparna.

Penulis pada hari kemarin Senen tanggal (11/12), melihat dari dekat gedung tersebut, terlihat sudah tidak terurus dan terawat, atap gedung rusak, halaman gedung penuh rumput dan ilalang, sepertinya dan alangkah baiknya gedung dijadikan tempat Uji Nyali Pegawai.

Iwan Singadinata.

#bupatitasikmalaya

#kejarikabupatentasikmalaya

#sekdakabupatentasikmalaya

#inspektoratprovinsijawabarat

#inspektoratkabupatentasikmalaya

#kabagtusekretariatdaerahernarumiya

#timcyberpungli

#kominfokabupatentasikmalaya

#humaskabupatentasikmalaya

#semuaorang

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *