Home » ” Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya “

” Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya “

KABUPATEN TASIKMALAYA.(22/12/2023). Sekretaris Daerah Dr. Muhamad Zen bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023, bertempat di halaman parkir gedung sekretariat daerah komplek perkantoran Bojongkoneng Singaparna hari ini, sekaligus bacakan amanat Menteri PPPA.

Dalam sambutannya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu di Indonesia adalah momen penting bagi penghargaan dan penghormatan terhadap seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95, seraya mengenang dan menghargai perempuan Indonesia dalam kemerdekaan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” ujar Menteri PPPA.

Penyelenggara Kongres Perempuan Indonesia I pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta, merupakan titik penting pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis dan skala sosial.

“Peringatan Hari Ibu mengingatkan kita semua bahwa keadilan, kesejahteraan dan perdamaian kita dambakan tidak akan pernah tercapai tanpa peran perempuan,” ujarnya.

Peringatan Hari Ibu tahun 2023 ini masih mengangkat tema yang sama dengan tahun lalu, dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju. Tema menggambarkan situasi dan kondisi di masyarakat saat ini, manakala kekerasan terhadap perempuan, kesenjangan akses ekonomi perempuan dan keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan masih sangat tertinggal dibandingkan laki-laki.
.


“Hari Ibu yang kita rayakan hari ini bukanlah mother’s day. Esensi Hari Ibu bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar ibu, namun lebih dari itu, untuk mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia,” katanya.

Tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Peringatan Hari Ibu tahun 2023 mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” dengan subtema “Perempuan Bersuara”, “Perempuan Berdaya dan Berkarya”, “Perempuan Peduli”, serta “Perempuan dan Revolusi

“Saya ingin mengajak semua masyarakat khususnya kaum wanita Indonesia untuk terus berkarya, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya,” ujarnya.

“Janganlah kita sesama perempuan saling menjatuhkan, karena kita perempuan akan semakin kuat apabila kita bersatu untuk mendobrak stigma yang masih melekat pada kita sekarang adalah waktunya bagi perempuan untuk memberi waarna tersendiri bangsa ini,” pungkasnya.

Pergerakan perempuan dalam pembangunan, tentunya tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Untuk itu, semua upaya dan langkah diharapkan mampu berjalan sesuai dengan prinsip “equal partnership”. Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia bersama kaum laki-laki berperan membangun bangsa, sekaligus juga berperan aktif membangun kesejahteraan dan menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia, baik di tingkat regional maupun internasional.

Pada upacara peringatan hari ibu, yang menjadi perwira upacara :

  1. Sekdis dinas sosial Hj. dr. Elih Endalia
  2. Komandan upacara Weny Istianty
  3. Pengibar Bendera dari satuan polisi pamong praja, Inataniya Ismayani, Yanti Nurfaridah, Ai Euis Siti Herliansah.
  4. Pembaca teks Pancasila Eva Sugiarti R, Pembaca teks pembukaan UUD 1945 Sri Rahayu Herdiaty
  5. Pembaca sejarah singkat hari ibu Endah Rosidah.
  6. Pembaca doa Hj. Nurlaela Dadang.
  7. Pembawa acara Tim protokol setda.
  8. Upacara hari ibu Ke-95, didukung oleh korps musik Gita Bahana Praja pemkab Tasikmalaya
  9. Paduan Suara dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Peserta upacara terdiri dari; TNI – Polri, satbrimob Polda Jabar batalyon D pelopor, satpol PP, dishub, BPBD, ASN, Tagana.

Undangan yang hadir, forkopimda, pejabat tinggi dilingkungabn setda, ketua PKK dan pengurus Dharma wanita.
Tampak hadir Kejari kabupaten Tasikmalaya Ramadiyagus SH MH. Dandim, Danlanud Kapolres yang diwakili.

Peringatan hari ibu juga diberikan penghargaan pada SKPD dari BPS.

#bupatitasikmalaya

#sekdakabupatentasikmalaya

#kominfokabupatentasikmalaya

#humaskabupatentasikmalaya

#semuaorang

Pewarta: Iwan Singadina
Editor: Redaksi
Copyright © Mediaperss 2023

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *