Home ยป Sanggar Bima Laras Ultah Ke-25, Menggelar Panggung Wayang Kulit di Lapang Desa Wringinharjo

Sanggar Bima Laras Ultah Ke-25, Menggelar Panggung Wayang Kulit di Lapang Desa Wringinharjo

Cilacap, mediaperss.com
Penggemar Dalang Djono dan Ki Sigit Djono Saputro disuguhi Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dalam rangka Ulang Tahun Sanggar Bima Laras dan Temu Kangen di Lapang Sindeh Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, Jumat malam 15 Desember 2023.

Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk oleh Ki Dalang Sigit Djono Saputro untuk menyapa masyarakat penggemar Wayang Kulit Sanggar Bima Laras.

Agenda Kegiatan bertujuan guna Sosialisasi Kebijakan Melalui Media Tradisional dan Bersama Melestarikan Kesenian Tradisional,” ujar Mustolih, S.IP Anggota DPRD Propinsi Jateng Fraksi PAN dan ini merupakan kegiatan yang ke-38 di Jawa tengah dalam paparannya.

Dalam rangkaian kegiatan Sosialisasi Kebijakan Melalui Media Tradisional (Metra) Anggota DPRD Provinsi Jateng tersebut meminta warga untuk terus mempertahankan kesenian tradisional, dengan begitu, kaum muda bisa ikut mengenal dengan baik kesenian di daerahnya.

Rangkaian diawali dengan potong tumpeng oleh Mustolih didampingi
Drs. Sadmoko Danardono, M.Si selaku Kepala Dinas P dan K Kabupaten Cilacap juga Pembina Sanggar Bima Laras, dilanjutkan penyerahan tokoh wayang kepada Ki Dalang Sigit Djono Saputro, bertanda Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan lakon Pandu Swarga siap ditampilkan.

Lakon “Pandu Swargo” sendiri mengisahkan cerita wayang yang menggambarkan dan mengajarkan bagaimana seseorang harus memiliki sikap budi baik untuk Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan untuk alam.

Sebelumnya para komunitas Wayang yang turut hadir menyerahkan Penghargaan kepada Ki Dalang.

Dalam aksi panggungnya Ki Dalang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemdes, masyarakat, jajaran Panitia kami dari Sanggar Bima Laras sudah
dikasih waktu dan kesempatannya untuk bisa pentas di Desa Wringinharjo.

Serta ucapan terimakasih kepada Forkopincam Gandrungmangu dan jajaran tim Keamanan baik dari Polsek, Koramil, Linmas dan Ormas Pemuda Pancasila, sehingga perjalanan pagelaran wayang kulit berjalan lancar.

(Sugeng.S)

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *