Home ยป Ketua Komisi D DPRD Kudus Usulkan Revisi Perda & Perbup, Jenazah Wanita Harus Diurus Sesama Wanita

Ketua Komisi D DPRD Kudus Usulkan Revisi Perda & Perbup, Jenazah Wanita Harus Diurus Sesama Wanita

mediaperss.com – KUDUS – Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus, Ali Ihsan menuntut revisi peraturan daerah (Perda) mengenai Pemakaman Jenazah.

Hal ini diutarakannya mengingat rasa prihatinnya atas derajat wanita muslim yang ternodai meskipun sudah dalam kondisi meninggal dunia.

“Ini sudah sangat mendesak, kepentingannya harus didahulukan. Kita semua tahu apabila ada wanita meninggal, itu yang memandikan kebanyakan modinnya laki laki, pemerintah harus segera turun tangan membenahi,” ujar Ali saat ditemui wartawan mediaperss.com, Rabu (15/5/2024).

Ali Ihsan Ketua Komisi D saat di wawancara (mediaperss/ihza)

 

Dirinya menyebut revisi tersebut perlu dilakukan pada Perda nomor 13 tahun 2012, Peraturan Bupati (Perbup) nomor 24 tahun 2021 tentang pemakaman jenazah.

“Kalau misalkan perempuannya masih muda atau janda, lalu yang memandikan modinnya laki-laki itu sangat memprihatikan. Karena aurat perempuan baik yang hidup maupun yang mati itu sama,” sebutnya.

Ali menyebut orang yang memandikan dengan jenazah yang dimandikan itu wajib sejenis, sebagaimana dikatakan Muhammad Jawad Mughniyah dalam kitab Al-Fiqh ‘ala al-madzahib al-khamsah.

“Apabila yang meninggal itu laki-laki maka yang boleh memandikannya adalah laki-laki, dan kalau yang dimandikan itu perempuan maka yang boleh memandikannya adalah perempuan juga kecuali laki-laki tersebut ialah suaminya,” sebutnya.

Ia berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus lebih memperhatikan persoalan yang ada di masyarakat karena selama ini yang terjadi di ialah banyak pengurus pemandian jenazah putri dilakukan oleh laki laki.

“Pemkab harus lebih peduli mengenai persoalan di masyarakat. Maka dari itu, kami harap adanya revisi Perda ini diprioritaskan di tahun ini. Karena jika tidak, pemerintah akan menanggung dosa tersebut, kita harus memberikan solusi,” harapnya.

 

ihza/kds

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *