Spread the love
Advertisements

Mediapers.com manado- Klenteng BAN HING KIONG adalah klenteng tertua di kota manado yang didirikan pada tahun 1839 di bangun rumah abu.Pada awal berdirinya klenteng ini terbuat dari rumah di selingi bambu yang sederhana.
Kini jelang tahun baru imlek yang ke 2574, klenteng BAN HING KIONG manado sulawesi utara mulai di percantik dengan berbagai jenis pernak pernik imlek bernuansa warnah merah dan kuning emas, di tahun ini merupakan tahun sio kelinci di karenakan menariknya di halaman klenteng tersebut terdapat ornamen patung kelinci sebagai perhatian warga sekeliling klenteng.
Pada siang hari tgl 21/01/2023 terlihat warga masyarakat etnis tionghoa sedang berdoa di dalam klenteng, dari wawancara media sidikkasus ke salah satu warga yg berada di luar klenteng mengatakan bahwa ini sudah menjadi tradisi di mana warga masyarakat thiong hoa tersebut di saat menanti tahun baru imlek mereka berdoa di klenteng tersebut. Berharap di tahun 2023 ini merupakan tahun berkah.
Pada malam hari menjelang tgl 22/01/2023 adalah puncak tahun baru imlek di warnai dgn pesta kembang api, terlebih sangat di senangi atas kedatangan tim rombongan dari bpk Andrey Angouw sebagai walikota manado yg sempat mendatangi klenteng BAN HING KIONG tersebut sambil bersilahturahmi dengan warga masyarakat thiong hoa yang berada di klenteng tersebut.
Menurut bjiarawan yang memimpin klenteng tersebut mengatakan sangat beryukur atas terlaksananya hari raya imlek, karena di tahun yang kemarin terdampak kovid 19 dan kini di tahun 2023 merupakan kesempatan merayakan imlek yang ke 2574.
Mediapers.com manado Michael Rusly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *